Kamis, 01 Januari 2015

Manfaat Rumput Gajah yang harus anda Ketahui

Manfaat Rumput Gajah yang harus anda Ketahui. Rumput biasanya hanyalah gulma atau musuh bagi sebahagian orang karena sering mengganggu tanaman. Namun ada juga rumput yang malah dibudidaya dan ditanam dengan teknik tertentu. Rumput ini tidak tumbuh sembarangan seperti rumput teki misalnya, atau rumput lainnya, namun kalau ditanam, rumput gajah akan mudah sekali tumbuh dan cepat panennya.

Rumput ini adalah rumput raksasa, saking besarnya maka rumput ini disebut dengan rumput gajah. Namun apakah rumput ini akan diberikan kepada gajah? Tidak, rumput ini tidak diberikan kepada gajah melain untuk pakan ternak seperti lembu atau kerbau. Manfaat rumput gajah bagi ternak sangat terasa ketika kita memberikan mereka makan. Rumput yang besar ini bisa membuat lembu cepat kenyang sehingga pertumbuhannya cepat.

Manfaat Rumput Gajah
Rumput gajah untuk pakan ternak


Menanam rumput gaja bisa dilakukan dengan dua metode, yaitu penanaman secara vertikal dan secara miring. Keduanya bisa dilakukan dengan mudah. Biasanya orang melakukan pembudidayaan rumput gajah dengan cara menanam batang yang dipotong-potong seperti menanam singkong. Rumput gajah bagus sekali sebagai pakan ternak, selain bentuknya yang besar membuat ternak cepat kenyang, juga rumput ini cepat masa panennya.

Masa panen rumput gajah bagusnya yaitu pada hari ke-50, pada masa ini rumput gajah belum tua dan berbunga dan tidak terlalu muda. dan rumput yang bagus untuk pakan ternak juga rumput yang tidak terlalu muda dan tidak tua atau berbunga. Rumput gajah yang telah berbunga merupakan indikasi bagi ketua-an rumput ini.

Cara Memanen rumput gajah adalah dengan cara memotong batang nya dari bagian tanah, kira-kira dengan ketinggian 10-15 cm dari permukaan tanah. Kalau pemotongannya tinggi atau terlalu rendah, maka tunas yang tumbuh tidak akan banyak, maka pemotongan rumput gajah harus diperhatikan dengan jarak yang pas dari tanah.

Demikianlah sedikit tentang manfaat rumput gajah dan cara menanam dan cara memanen rumput gajah untuk persidiaan pakan ternak seperti lembu dan kerbau. Semoga bermanfaat

Baca juga manfaat rumput teki bagi kesehatan
Disqus Comments